PROSES PENDAFTARAN

Tahun akademik dibagi menjadi dua semester yang akan dimulai pada: 

Masa Studi

Semester Gasal: Agustus – Desember

Tenggat waktu pendaftaran: setiap tanggal 31 Mei pada setiap tahunnya

Semester Genap: Februari – Mei

Tenggat waktu pendaftaran: setiap tanggal 30 November setiap tahunnya


Unesa menawarkan berbagai program yang diselenggarakan oleh fakultas dan pascasarjana di universitas. Beberapa fakultas menawarkan Kelas Internasional untuk program sarjana, di mana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar, sedangkan yang lain menawarkan program gelar penuh dalam Bahasa Indonesia.

Program gelar yang ditawarkan antara lain:

  • Sarjana (S1)

  • Magister (S2)

  • Doktoral (S3)

  • Diploma Tiga Vokasi (D3)

Program nongelar: BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing)


Pelamar yang tertarik dengan kemahiran bahasa yang tidak mencukupi (baik dalam bahasa Inggris atau Indonesia) masih dapat mengajukan penawaran bersyarat. Unesa menyediakan kursus bahasa Inggris dan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan bahasa para kandidat. Pelamar yang ingin melamar program gelar non-Internasional diharuskan belajar Bahasa Indonesia selama satu tahun di BIPA Unesa. Surat lamaran harus dikirim ke surel OIA Unesa dengan dokumen pendukung yang lengkap seperti tercantum di bawah ini. Jika diperlukan, panitia seleksi Unesa dapat melakukan sesi wawancara dengan pelamar melalui telepon atau Skype. Persyaratan penerimaan untuk setiap program tercantum di bagian selanjutnya.


Cara Mendaftar
  1. Calon mahasiswa internasional membuka situs Unesa atau situs OIA Unesa dimana calon mahasiswa internasional dapat memperoleh informasi mengenai proses pendaftaran kami.

  2. Calon mahasiswa internasional menentukan mata kuliah yang diminati dan mengajukan pendaftaran. Calon mahasiswa harus mengirimkan dokumen yang diperlukan ke Unesa melalui surel OIA Unesa

  3. Calon mahasiswa internasional mengikuti tes seleksi penerimaan siswa baru secara daring.

  4. Bagian akademik mengumumkan apakah mahasiswa internasional diterima atau tidak diterima untuk belajar di Unesa, yang ditujukan kepada OIA Unesa.

  5. OIA Unesa menerbitkan Letter of Acceptance (LoA) / Letter of Regret yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Akademik.

  6. OIA Unesa mengirimkan LoA kepada mahasiswa internasional sebagai persyaratan untuk memproses visa di negara asal mahasiswa.

  7. Calon mahasiswa internasional yang dinyatakan diterima harus membayar biaya sekolah melalui transfer bank. Mekanisme pembayaran akan dikirimkan ke setiap siswa.

  8. Mahasiswa internasional menyerahkan file yang terkait dengan proses imigrasi ke OIA Unesa via surel.


Dokumen yang diperlukan:
  1. Hasil pindaian paspor

  2. Pasfoto terakhir

  3. Hasil pindaian ijazah terakhir

  4. Hasil pindaian transkrip akademik terakhir

  5. Formulir Pendaftaran yang telah terisi

  6. Formulir Kesehatan yang telah terisi

  7. Surat Pernyatan dan Komitmen Pendanaan yang telah terisi, sesuai dengan program yang dituju: